Skip to content

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Print Buku Anak

  • admin 
jasa print buku

Berniat untuk membuat buku anak dan ingin menggunakan jasa print buku untuk print buku anak tersebut. Maka ini akan menjadi ulasan yang tepat untuk Anda. Ada beberapa tips penting yang perlu Anda perhatikan, sebelum mencetak buku anak tersebut sendiri, menggunakan printer atau menggunakan jasa print buku.

  1. Desain cover

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan, yaitu desain cover untuk buku anak yang akan dibuat. Untuk desain cover-nya sendiri, Anda dapat menggunakan template selain menggambarnya sendiri, dengan mencarinya di beberapa website template cover buku.

Berikutnya, perhatikan jenis bahan kertas cover yang akan digunakan, apakah menggunakan bahan art paper, kertas karton atau bahan lainya. Pastikan mesin print yang Anda gunakan kelak, mampu mencetak menggunakan kertas yang dimaksud.

  1. Ukuran buku

Perhatikan juga ukuran buku yang akan digunakan untuk membuat buku anak. Sesuaikan dengan jenis buku yang akan Anda buat, misalnya saja novel, komik, buku cerita bergambar atau yang lainnya.

Kemudian sesuaikan dengan ukuran kertas yang paling umum digunakan, untuk jenis buku tersebut. Misalnya saja untuk jenis buku cerita bergambar, umumnya menggunakan kertas dengan ukuran A4, lain halnya dengan buku komik, biasanya menggunakan kertas dengan ukuran 17 x 11 cm.

  1. Jumlah halaman

Berikutnya perhatikan juga jumlah halaman yang akan ditampilkan. Apakah akan menggunakan sistem halaman bolak balik, atau hanya 1 balik saja. Kemudian sesuaikan dengan jumlah halaman, dan jumlah kertas yang Anda butuhkan.

  1. Bahan kertas

Jangan lupa, perhatikan juga bahan kertas yang akan digunakan untuk print buku anak tersebut. Jenis bahan kertas yang biasanya digunakan untuk isi buku, memang cukup beragam, mulai dari kertas HVS, book paper, dan yang lainnya. Namun untuk buku anak, ada juga yang menggunakan jenis Art Paper, hal ini dilakukan, untuk membuat penampilan buku terlihat lebih menarik.

Anda dalam hal ini, perlu memilih dan menyesuaikan dengan jenis printer yang akan digunakan, pastian printing yang akan digunakan, mampu mencetak, dengan kertas yang dimaksud.

Tips di atas, tentunya penting untuk diperhatikan, agar Anda dapat melakukan print buku, secara tepat, dengan hasil yang baik pula. Jadi Anda tidak harus selalu bergantung pada jasa printing buku, walaupun hasil buku yang dibuat pastinya jauh lebih bagus, rapi dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *