Skip to content

Sebelum Mencari Solar Panel Terbaik di Indonesia, Ketahui Dulu Fakta-Fakta Solar Panel

  • admin 
solar panel terbaik di indonesia

Sekarang, sumber listrik tidak lagi hanya dari pembangkit listrik milik pemerintah. Anda sudah bisa memproduksi listrik secara mandiri dengan solar panel. Jadi sebelum Anda mencari solar panel terbaik di Indonesia untuk rumah Anda, ada baiknya Anda mengetahui seluk beluk solar panel.

Sejarah

Proses awal terbentuknya solar panel sudah dimulai sejak tahun 1839 oleh seorang ahli fisika Perancis yang bernama Alexandre Becquerel. Ia adalah orang pertama yang mencetuskan ide bahwa energi matahari bisa dimanfaatkan oleh manusia.

Kemudian pada tahun 1904, Albert Einstein juga meneliti hal ini dengan percobaannya yang bernama efek fotolistrik. Pada 1941, seorang ilmuwan bernama Russell Ohl yang mampu mengembangkan solar panel yang kemudian bisa digunakan sampai sekarang.

Keuntungan Solar Panel

Dengan tarif listrik yang cukup mahal, memiliki solar panel terbaik di Indonesia sebagai sumber listrik tentu saja akan sangat menguntungkan. Anda juga tidak perlu sepenuhnya memutus sumber listrik konvensional, Anda bisa menggunakan keduanya sesuai kebutuhan.

Sebagai negara tropis, letak geografis Indonesia sangat menguntungkan untuk Anda memasang solar panel di rumah karena sinar matahari selalu didapat sepanjang tahun. Dengan menggunakan solar panel, Anda bisa menghemat tagihan listrik hingga 50%, dan kelebihan listrik hasil solar panel Anda juga bisa Anda jual ke PLN.

Melestarikan Lingkungan

Anda juga tidak perlu secara langsung beralih ke solar panel, jika mau, Anda bisa mengandalkan solar panel untuk kebutuhan listrik yang ringan-ringan saja karena faktanya, mengganti sumber listrik sepenuhnya ke solar panel adalah hal yang tidak mudah.

Anda bisa memulai dengan memanfaatkan energi matahari untuk lampu luar, atau kebutuhan mengisi daya perangkat elektronik seperti laptop dan handphone. Dengan begini, tagihan listrik Anda akan berkurang, dan Anda juga ikut berpartisipasi dalam mengurangi pemanasan global.

Itu dia hal-hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum mencari solar panel terbaik di Indonesia sebagai sumber listrik rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *