Skip to content

4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang Atap Solar Panel

  • admin 
solar panel terbaik di indonesia

Atap solar panel bisa menjadi pertimbangan terutama untuk Anda yang ingin beralih menggunakan energi listrik dari tenaga surya. Solar adalah alternatif untuk mendapatkan energi listrik dari cahaya matahari sehingga lebih ramah lingkungan. Sebelum menggunakan panel ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses pemasangannya. Apa saja itu?

  1. Siapkan Budget Sesuai Kebutuhan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum memasang solar panel tentunya adalah memastikan ketersediaan budget atau biaya peralatan dan pemasangan. Pastikan budget yang Anda tentukan telah sesuai dengan kebutuhan untuk mendapatkan energi listrik di rumah. Sebab, besaran biaya yang dikeluarkan tersebut tergantung dengan kebutuhan dan tujuan dari pemasangan panel itu sendiri.

  1. Pilih Lokasi yang Tepat

Selanjutnya, pilihlah lokasi pemasangan atap solar panel yang tepat dengan mempertimbangkan arah sinar matahari datang. Pastikan panel surya yang nantinya akan dipasang tidak terhalangi oleh bangunan ataupun pepohonan. Sudut kemiringan pada papan panel juga perlu diperhatikan agar panel bisa menangkap banyak cahaya matahari dengan baik.

  1. Perhatikan Arah Atap Rumah

Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan bagaimana arah atap rumah Anda. Untuk mendapatkan sinar matahari secara optimal, idealnya atap rumah harus menghadap utara atau selatan. Tetapi, sistem solar panel memang dirancang untuk memudahkan penggunanya mendapatkan energi listrik dengan maksimal. Tentu hal ini dapat diatasi dengan baik meski atap rumah tidak memiliki arah yang ideal.

  1. Perhatikan Jenis Atap

Langkah selanjutnya, perhatikan jenis atap yang dimiliki dari hunian Anda. Apakah Anda menggunakan atap keramik? asbes atau aspal? Jenis atap yang digunakan ini sangat berpengaruh agar bisa memilih penyangga yang tepat saat proses instalasi panel surya di atap rumah.

Itulah 4 hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan atap solar panel di rumah Anda. Hal ini perlu dipertimbangkan agar Anda tidak salah dalam memilih jenis panel saat pemasangan di atap rumah. Dengan memperhatikan 4 poin penting di atas, hal ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan energi listrik secara maksimal dari panel surya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *