Skip to content

Kenapa Banyak Kontraktor Menggunakan Besi WF? Ini Dia Jawabannya!

  • admin 
dua mesin bangunan tinggi

Beberapa kontraktor saat ini sudah mulai menggunakan besi wf untuk proyek konstruksi mereka. Sebenarnya, apa itu besi jenis WF dan fungsinya dalam sebuah konstruksi? Penjelasan di bawah ini akan membuat Anda lebih yakin untuk menggunakan besi ini pada konstruksi bangunan Anda nantinya. 

Apa Itu Besi WF?

WF dalam hal ini adalah singkatan dari Wide Flange. Besi ini umumnya digunakan pada proyek konstruksi baja. Besi jenis ini bisa ditemukan dalam bentuk batangan. Biasanya toko-toko bangunan menjual besi ini dengan ukuran panjang 12 meter. 

Kontraktor memilih menggunakan besi jenis ini karena sangat kuat baik saat ditekan ataupun ditarik. Terlepas dari kekuatannya, besi ini justru tidak terlalu berat atau bisa dibilang lebih ringan jika dibandingkan dengan besi pada umumnya. Hal ini karena besi jenis ini memiliki densitas yang tinggi. 

Kegunaan Besi WF

Dengan tingkat kekuatan yang tinggi, tidak heran jika besi wf sering digunakan untuk rangka konstruksi sebuah bangunan. Dengan menggunakan rangka besi ini, maka bangunan akan menjadi lebih kokoh, kuat, dan awet. 

Tidak hanya itu, bangunan juga akan tetap aman walaupun sudah digunakan selama beberapa tahun. Selain itu, kontraktor memilih besi jenis ini karena pemasangannya yang lebih praktis jika dibandingkan dengan besi pada umumnya. Menariknya lagi, harga besi ini juga lebih terjangkau. Dengan begitu, anggaran pembangunan bisa ditekan tanpa menurunkan kualitas bangunannya.

Standar Ukuran Besi WF 

Secara umum, panjang dari besi jenis ini adalah 12 meter. Tapi, Anda bisa memilih dalam beberapa ukuran tertentu. Misalnya, besi jenis WF yang paling kecil adalah ukuran 100x50x5x7mm. Sedangkan ukuran yang paling besar adalah 800x300x14x26mm. Anda hanya perlu memilih ukuran besi yang mana yang Anda butuhkan.

Tips Memilih Besi WF 

Ada beberapa macam besi jenis WF di pasaran. Pastikan saja besi yang Anda pilih tersebut sudah berstandar SNI. Selain itu, pastikan juga kalau besi tersebut diproduksi oleh perusahaan yang terpercaya dan sudah berpengalaman. 

Bisa jadi harganya memang sedikit lebih mahal, tapi Anda pun akan puas dengan spesifikasinya. Dengan begitu, Anda tidak akan salam memilih besi wf dan justru malah mengorbankan keamanan dan keselamatan Anda dan keluarga. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *