Skip to content

Mengenal Fungsi dan Jenis dari Besi Wiremesh

  • admin 
wiremesh

Telah diketahui sampai saat ini jika Besi wiremesh termasuk jenis besi yang sudah sering dipakai menjadi kerangka yang dapat membuat beton semakin kokoh. Karena sejak awal besi ini telah di las dari pabrik asalnya, besi wiremesh pun berakhir mempunyai ukuran yang diketahui lebih presisi dan juga lebih praktis untuk digunakan.

Fungsi dari Besi Wiremesh 

Wiremesh biasanya akan dibuat menjadi salah satu bahan bangunan sebelum cetak yang dapat menjadi pengganti dari berbagai ancaman besi yang dibuat. Hal ini bertujuan supaya dapat lebih efektif dan bangunan dapat lebih cepat dikerjakan. Selain itu, berikut terdapat lebih lengkap beberapa fungsi dari besi wire mesh,

  1. Sebagai kerangka beton yang on site 

Besi wiremesh sering digunakan menjadi suatu kerangka dari beton yang akan dicetak mandiri, sama dengan yang ada pada plat lantai dari bangunan bertingkat maupun jembatan, hal ini karena diketahui lebih efisien dan lebih mudah untuk diatur.

  1. Sebagai kerangka beton sebelum cetak

Fungsi selanjutnya dari besi wiremesh merupakan menjadi salah satu kerangka pada beton sebelum cetak, misalnya untuk tutupan dari beton jenis buis, box culvert, dan yang lainnya

  1. Sebagai kerangka beton pada tanah 

Besi wiremesh juga dapat digunakan menjadi kerangka pada beton yang akan dipasang di atas tanah, misalnya pada rabat beton maupun jalanan di tol yang menggunakan beton pada saat pembangunannya.

Jenis-jenis dari Besi Wiremesh

Berikut ini beberapa ulasan tentang jenis-jenis besi wiremesh yang sering dijual pada toko bangunan,

  1. Jenis wiremesh dari besi yang disusun di dalamnya

Jika melihat dari jenis besi yang akan dipakai dalam membuat wiremesh, terdapat dua jenis yang sering dijumpai, seperti, 

  • Besi Wire mesh dengan jenis biasa 

Besi wiremesh yang akan menggunakan besi biasa biasanya akan dipakai pada kerangka dalam beton dan mempunyai kekuatan yang masih kurang baik jika anda ingin menyimpannya dengan jangka waktu yang lebih lama.

  • Besi Wire mesh dengan jenis galvanis 

Besi wiremesh ini dibuat menggunakan besi yang sebelumnya telah melewati proses galvanis atau proses pengeringan juga pemanasan awal, jadi nantinya besi tersebut dapat lebih tahan dari adanya karat dan juga diketahui akan lebih kuat dari pada besi yang biasa.

  1. Jenis wiremesh dari bentuk besi

Bentuk dari besi wiremesh tentunya tidak selalu berbentuk jaring yang mempunyai lubang persegi, karena ada juga jenis yang berbentuk jajaran genjang serta persegi panjang. Tapi untuk kerangka pada beton yang sering dipakai biasanya mempunyai jarak yang cukup mirip atau berbentuk persegi serta jaraknya juga perlu menurut dari perhitungan yang sudah dilakukan sebelumnya.

  1. Jenis wiremesh dari cara pengemasan besi

Terakhir, terdapat dua jenis besi wire mesh terakhir yang dapat dilihat dari pengemasan di toko-toko bangunan, berikut ulasannya.

  • Jenis wiremesh dengan pengemasan lembaran 

Besi wiremesh satu ini biasanya memiliki garis tengah yang cukup besar dan tidak memungkinkan untuk menggulungnya dengan mudah. Dalam satu lembaran besinya akan mempunyai ukuran sekitar 5.4 meter  x 2 meter, tetapi biasanya juga ada penghasil yang membuat besi wiremesh ini dengan ukuran yang berbeda dan membuat anda harus mengeceknya dulu. 

  • Jenis wiremesh dengan pengemasan gulungan atau roll

Besi wiremesh roll ini biasanya akan memiliki pengemasan bersama dengan besi lain yang berukuran lebih kecil dan juga lentur, sehingga membuatnya dapat digulung. Besi wiremesh roll ini lebih sering digunakan menjadi bahan pagar maupun jaring pada kandang hewan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *