Skip to content

Macam-Macam Pemeriksaan Gigi oleh Dokter Gigi Spesialis Anak Bogor

  • admin 
dokter gigi spesialis anak bogor

Sejak usia dini, anak sudah harus diajarkan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan agar tidak timbul masalah gigi seperti gigi berlubang, karang gigi, dan lainnya. Selain menjaga kebersihan dan kesehatan gigi yang didapatkan dari kebiasaan sehari-hari, anak juga perlu secara rutin melakukan pemeriksaan gigi ke dokter gigi spesialis anak Bogor.

Perawatan Gigi pada Anak

Kebersihan dan kesehatan gigi bisa didapatkan dari membiasakan anak melakukan beberapa hal dalam kehidupan sehari-hari, seperti menggosok gigi dua kali sehari dan mengurangi konsumsi makanan atau minuman manis. Namun, kebiasaan ini masih belum cukup, karena Anda masih perlu membawa anak melakukan pemeriksaan gigi langsung ke ahlinya.

Pemeriksaan gigi pada anak bisa dimulai saat gigi anak sudah mulai tumbuh, yakni saat anak memasuki usia 6 bulan hingga 1 tahun. Setelah itu, Anda masih perlu melakukan pemeriksaan gigi anak secara rutin setiap 6 bulan sekali untuk memastikan gigi bertumbuh dan berkembang dengan baik serta tidak ada masalah yang timbul pada gigi anak.

Pada awalnya, anak mungkin akan merasa takut saat berhadapan dengan dokter gigi, hal ini bisa terjadi karena lingkungan yang baru bagi anak, tindakan medis yang dilakukan oleh dokter, atau karena anak melihat peralatan yang digunakan selama pemeriksaan. Untuk itu, Anda sebagai orang tua harus bisa membuat anak merasa nyaman selama melakukan pemeriksaan, salah satunya adalah dengan mendatangi dokter gigi spesialis anak Bogor.

Lalu sebenarnya, apa saja yang dilakukan saat anak melakukan kunjungan ke dokter gigi secara rutin? Tentunya dokter gigi spesialis anak akan melakukan beberapa pemeriksaan dan juga tindakan yang tepat untuk mencegah timbulnya masalah pada gigi. Beberapa hal yang dilakukan diantaranya adalah,

  1. Edukasi kesehatan gigi

Hal pertama yang akan dilakukan tentunya adalah edukasi kesehatan gigi, dimana anak dan orang tua akan diajarkan cara yang benar saat menyikat gigi. Tidak hanya gigi, dokter juga akan mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan mulut dan juga kebiasaan makan yang baik.

  1. Pemeriksaan gigi secara rutin

Pemeriksaan gigi secara rutin setiap enam bulan sekali sangat perlu dilakukan, agar saat terjadi masalah gigi dan mulut, dokter bisa langsung menanganinya dan masalah tersebut tidak semakin parah.

  1. Pembersihan gigi secara rutin

Meskipun sudah rajin menggosok gigi di rumah, gigi anak tetap harus dibersihkan oleh dokter gigi. Hal ini dilakukan untuk membersihkan permukaan gigi dari noda dan plak yang menempel.

  1. Aplikasi fluoride

Oleh karena resiko gigi berlubang pada anak cukup tinggi, maka perlu dilakukan pengaplikasian fluoride untuk mencegah gigi berlubang.

Selain beberapa hal tersebut, masih ada tindakan medis lainnya yang dilakukan oleh dokter gigi spesialis anak Bogor saat muncul masalah gigi, seperti penambalan gigi anak, pencegahan gigi berlubang dengan sealant, ekstraksi atau pencabutan gigi, space maintainer, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *