Skip to content

Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan Pasang Panel Surya Di Rumah

  • admin 
pasang panel surya di rumah

Panel surya bisa menjadi alternatif sumber tenaga listrik yang bisa anda pasang di atap rumah. Sebagai negara tropis, cahaya matahari disini sangat bisa diandalkan untuk mengisi panel surya. Pasang panel surya di rumah bisa menghemat listrik hingga 40%.

Kelebihan dan kekurangan panel surya

Jangan terburu-buru untuk membeli panel surya, anda harus memahami kelebihan dan kekurangan dari panel surya. Berikut ini ulasannya:

Kelebihan panel surya rumah

  1. Menghemat tagihan listrik

Dengan anda pasang panel surya di rumah, anda bisa menghemat biaya tagihan listrik sampai 60%. Energi listrik dari panel surya bisa langsung diaplikasikan ke perangkat rumah. 

Anda juga masih bisa menggunakan jaringan listrik dari PLN untuk menghidupi perangkat listrik yang lain.

  1. Bergaransi

Panel surya memiliki kelebihan dari segi garansi. Garansi yang ditawarkan umumnya berdurasi 25 sampai 30 tahun. Sebagai catatan, panel ini efisiensi dayanya akan berkurang 0,5% setiap tahunnya sehingga membutuhkan perawatan lebih agar bertahan lama.

Kekurangan panel surya rumah

  1. Biaya mahal

Harga dari panel surya terbilang cukup tinggi. Biaya ini mencakup mulai dari panelnya, inventer, kabel, dan biaya jasa pemasangan.

Kisaran harga dari panel surya kurang lebih Rp 33 juta untuk panel surya yang sanggup memproduksi 262 kWh per bulan. Harga mahal ini sanggup mengkompensasi Rp 371 ribu per bulan.

  1. Sangat bergantung dengan cuaca dan ruang

Kekurangan utama dari panel surya adalah sangat bergantung dengan sinar matahari untuk mendapatkan energi. Apabila saat musim hujan atau mendung, panel surya tidak bisa menangkap energi secara efektif.

Panel surya membutuhkan ruang yang cukup luas saat dipasang. Karena semakin banyak panel surya semakin besar energi yang dihasilkan. Maka dari itu, anda harus mempertimbangkan dengan betul sebelum memasang panel surya.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari pasang panel surya di rumah. Pemasangan panel surya harus diperhitungkan dengan baik agar anda bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Semoga informasi di atas bisa memberikan anda wawasan baru mengenai panel surya rumah, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *