Skip to content

2 Jenis Sous Vide Machine Terbaik, Jangan Salah Pilih!

  • admin 
ilustrasi makanan sous vide

Seiring dengan perkembangan teknologi, sous vide machine yang dulunya berukuran besar kini hadir dalam versi lebih praktis. Fitur yang ditawarkan pun tidak serumit mesin sous vide yang biasanya digunakan pada dapur profesional. Begitupun dengan harganya yang lebih terjangkau.

Jenis mesin sous vide yang ada di pasaran pun cukup beragam. Nah, berikut ini dua jenis mesin sous vide yang umum ditemui di pasaran.

  1. Sous Vide Immersion Circulator

Jenis yang pertama adalah sous vide immersion circulator yang mampu memanaskan dan mengalirkan air di sekitar panci untuk menjaga suhu agar merata. Mesin yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang mencari peralatan memasak kekinian yang mudah digunakan dan terjangkau.

Dari segi desain, mesin sous vide jenis ini tak memakan banyak space karena tidak dilengkapi bak air built-in. Selain itu, peralatan ini juga tidak memerlukan peralatan tambahan saat digunakan memasak daging.

Dari segi harga, sous vide immersion circulator dibanderol dengan harga yang beragam. Yakni sekitar Rp 2 juta hingga Rp 6 juta. 

  1. Oven Air Sous Vide

Jenis yang kedua adalah oven air sous vide machine. Dari segi tampilan, sous vide jenis ini memiliki desain kotak yang mirip seperti bak air berukuran kecil. Umumnya, di bagian depan mesin terdapat layar LCD yang menampilkan informasi suhu air dan berisi fitur pengaturan.

Sous vide yang ukurannya sama seperti microwave ini disertai dengan peralatan lengkap. Sayangnya, kemampuan oven air sous vide dalam memanaskan air tidak seperti immersion circulator. Air pada bak sous vide tidak mengedar, sehingga berpotensi menimbulkan ketidakkonsistenan tekstur daging yang dihasilkan.

Demikian tadi 2 jenis sous vide yang paling sering dijumpai di pasaran. Ada beberapa merk kenamaan yang menghadirkan sous vide dalam dua jenis ini. 

Dalam memilih sous vide machine tentunya butuh banyak pertimbangan. Selain soal harga dan desain, pertimbangkan pula kemampuan peralatan tersebut dalam memasak daging. Selain itu, pilihlah sous vide dari merk terpercaya jika ingin mendapatkan kualitas terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *