Skip to content

Mengenal Proses Dan Teknik Dibalik Print UV Flatbed

  • admin 
jasa print uv jakarta

Print UV flatbed adalah salah satu metode cetak yang sudah lumayan banyak digunakan di industri percetakan yang sering digunakan jasa print uv jakarta. Mesin cetak UV flatbed menggunakan teknologi sinar ultraviolet yang dipercaya memberikan lebih banyak keunggulan daripada mesin cetak konvensional. Di artikel ini, kita akan mengenal proses dan teknik dibalik mesin cetak UV flatbed.

Proses Tinta UV

Proses percetakan pada printer UV flatbed menggunakan tinta UV yang akan kering dengan sangat cepat saat terkena sinar ultraviolet. Selain itu, tinta UV tidak memiliki banyak waktu untuk menyebar ke material media cetak yang digunakan.

Tinta UV juga termasuk tinta yang keras dan kuat. Selain itu, tinta jenis ini juga tidak mudah lapuk dan memudar. Warna yang tersedia untuk tinta UV sama seperti tinta cetak lainnya. Terdapat 5 tinta warna UV yang tersedia, yaitu hitam, putih, kuning, magenta, dan cyan.

Sedangkan untuk pemakaiannya, tinta UV terbagi menjadi 2 berdasarkan tekstur bahannya, yaitu hard dan soft. Tinta UV hard tentunya untuk bahan yang keras seperti logam dan kaca, dan tinta UV soft untuk bahan yang lentur, seperti plastik.

Proses Cetak Otomatis dan Ramah Lingkungan

Hal yang menarik dari print UV flatbed adalah proses cetaknya yang ramah lingkungan dibandingkan dengan metode cetak lainnya. Faktanya, ini adalah salah satu keunggulan dari mesin cetak UV flatbed.

Hal ini karena tidak ada pelarut yang dilepaskan ke udara, sehingga emisi lingkungan pun berkurang. Dalam proses cetaknya, tinta UV yang digunakan juga ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limbah, serta tahan terhadap air.

Selain ramah lingkungan, menggunakan mesin cetak UV flatbed juga tergolong mudah. Tekniknya hampir sama dengan metode cetak DTG. Perbedaannya hanya terletak pada media cetak yang digunakan.

Mesin cetak UV flatbed hanya ditujukan untuk media cetak datar dan keras, seperti logam, kaca, plastik, akrilik, kayu, dan semacamnya. Kamu bisa mengatur bagian atas printer flatbed sesuai dengan kebutuhanmu, seperti dinaikkan atau diturunkan.

Selain untuk media cetak datar dan keras, jenis printer ini juga lebih ideal untuk mencetak di media dengan ketebalan lebih dari 50mm. Walaupun mesin cetak UV flatbed bisa saja digunakan untuk mencetak pada media yang lebih tipis.

Keunggulan Printer UV Flatbed

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu keunggulan dari mesin cetak yang digunakan oleh jasa print uv jakarta adalah lebih ramah lingkungan. Keunggulan lainnya adalah kemampuannya untuk mencetak dengan hasil warna yang lebih tajam, akurat, dan jernih.

Hal ini karena teknologi sinar ultraviolet yang digunakan tidak memberikan waktu untuk tinta terserap ke dalam bahan. Selain itu, tinta UV juga cepat kering serta tidak mudah pudar. Sehingga, hasil dari jasa print uv jakarta menghasilkan cetakan yang terlihat lebih nyata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *