Skip to content

4 Tips Menyesuaikan Diri Dengan Pemakaian Gigi Palsu Implan

  • admin 
proses pasang gigi palsu implan

Jika Anda siap untuk mengucapkan selamat tinggal pada iritasi gusi untuk selamanya, gigi palsu implan adalah investasi yang bagus. Sebagai replika gigi asli, Anda tidak perlu lagi memperhatikan apa yang Anda makan atau khawatir gigi rontok saat berbicara. 

Namun, Anda tidak bisa langsung menikmati steak yang lezat saat pemasangan gigi palsu ini. Butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan pemakaiannya.

Tips Menyesuaikan Diri Dengan Pemakaian Gigi Palsu Implan

Berikut adalah 4 tips untuk membuat masa penyesuaian pemasangan gigi palsu implan lebih cepat. Simak disini!

1. Berlatihlah Mengunyah dan Berbicara

Implan gigi akan mengaitkan gigi tiruan Anda ke tulang rahang, sehingga gigi baru Anda tidak akan pernah berpindah dari posisinya saat berbicara. Sayangnya, perlu waktu untuk membiasakan diri berbicara dengan gigi tiruan ini, tetapi Anda akan mengatasi segala kecemasan untuk berbicara karena latihan akan menyempurnakannya. 

Semakin sering Anda berbicara, semakin cepat gigi tiruan Anda akan terasa alami di dalam mulut Anda. Membaca dengan keras atau bernyanyi dapat memberikan Anda latihan ekstra yang Anda butuhkan untuk berkomunikasi dengan jelas dan percaya diri. 

2. Pilihlah Makanan yang Lebih Lembut

Diperlukan waktu beberapa minggu bagi mulut Anda untuk menyesuaikan diri dengan gigi tiruan Anda yang baru, yang dapat menyebabkan rasa sakit. Anda dapat menghindari rasa tidak nyaman dengan mengonsumsi makanan yang lebih lembut yang membutuhkan sedikit pengunyahan hingga rasa ngilu mereda. 

Dalam waktu singkat, Anda akan menikmati makanan favorit lagi karena implan gigi mengembalikan hingga 70% kekuatan menggigit alami Anda. Meskipun Anda dapat makan berbagai macam makanan, dokter gigi implan akan merekomendasikan untuk membatasi makanan yang keras atau mengunyah untuk mencegah keausan yang tidak perlu. 

3. Jaga Kebersihan  Mulut Sangat

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengganti implan gigi Anda karena implan gigi memiliki tingkat keberhasilan lebih dari 95%. Implan gigi terbukti dapat bertahan selama beberapa dekade dengan perawatan yang tepat, seperti menyikat gigi, membersihkan gigi dengan benang gigi, dan menggunakan obat kumur setiap hari. Gigi baru Anda tidak akan rentan terhadap pembusukan, tetapi Anda masih harus mengunjungi dokter gigi dua kali setahun untuk pembersihan dan pemeriksaan. 

4. Bersabarlah

Meskipun Anda tidak sabar untuk mencoba senyum baru Anda, menyesuaikan diri dengan gigi palsu implan membutuhkan waktu. Lamanya waktu yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda. Yakinlah, gigi palsu Anda akan terasa seperti gigi asli dalam waktu dekat. Anda bisa tersenyum, berbicara, dan makan tanpa khawatir gigi Anda akan tanggal.

Demikian penjelasan singkat mengenai tips menyesuaikan diri dengan pemasangan gigi palsu implan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *