Skip to content

Jenis-Jenis Solar Panel untuk Anda yang Berencana Memiliki Rumah dengan Solar Panel

  • admin 
Panel Surya

Sebelum memasang solar panel di rumah, banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan dengan matang. Solar panel adalah teknologi yang mahal jadi Anda harus memiliki biaya yang cukup, juga ruang yang luas untuk memasangnya.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis-jenis solar panel yang ada sebelum menjatuhkan pilihan yang tepat untuk rumah Anda. Berikut jenis-jenis solar panel untuk Anda yang ingin mempunyai rumah dengan solar panel.

Silikon Monokristallin

Jenis solar panel pertama adalah ruamh dengan solar panel yang paling umum digunakan sekarang, yaitu silikon monokristallin. Sel surya yang terbuat dari silikon yang sudah diiris tipis ini paling banyak digunakan karena kinerjanya yang efisien.

Tingkat efisiensi yang dimiliki oleh sel surya berbahan silikon monokristal mencapai 15%, tergolong paling tinggi dibandingkan sel surya yang terbuat dari bahan lain. Kekurangan dari sel surya berwarna hitam ini adalah kinerjanya yang akan berkurang cukup drastis jika tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup seperti jika cuaca sedang berawan.

Silikon Polikristal

Selanjutnya adalah rumah dengan solar panel yang terbuat dari silikon polikristalin yang adalah batang silikon yang kemudian dicairkan. Sel solar panel silikon polikristal tersusun lebih rapat, dan memiliki penampilan unik karena terdapat pola seperti retakan.

Jika Anda hendak memiliki rumah dengan solar panel berbahan silikon polikristal ini, Anda harus mempertimbangkan cuaca karena sama seperti sel surya berbahan silikon monokristal, langit berawan akan mengurangi efektivitasnya.

Selain itu, silikon polikristalin juga memiliki tingkat efektivitas yang lebih rendah daripada silikon monokristal. Jadi jika Anda ingin memilih silikon polikristal, untuk mendapatkan jumlah tenaga yang sama, Anda perlu membeli solar panel silikon polikristal dengan luas yang lebih besar.

Film Tipis

Selanjutnya adalah solar panel yang terbuat dari sel surya tipis yang terlihat seperti lembaran film. Keuntungan solar panel berbahan ini untuk rumah dengan solar panel adalah bobotnya yang ringan dan bentuknya yang fleksibel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *