Skip to content

Kelebihan Menggunakan PLTS Atap Rumah, Murah dan Ramah Lingkungan

  • admin 
Panel Surya

PLTS Atap Rumah adalah sebuah panel surya yang bisa digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik. Sistem ini pada dasarnya menyerap energi sinar matahari yang kemudian diubah menjadi listrik yang fungsional dan bisa digunakan. 

Walaupun PLTS atap rumah belum terlalu awam untuk masyarakat, perangkat ini bisa menjadi solusi baru untuk listrik. Berikut berbagai kelebihan jika menggunakan sistem ini untuk menghasilkan listrik : 

  1. Listrik yang Dihasilkan Lebih Ramah Lingkungan

Karena memanfaatkan tenaga sinar matahari yang dikelolah dengan panel surya. Otomatis energi listrik yang dihasilkan oleh PLTS atap rumah ini jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan penghasil energi listrik pada umumnya. 

Karena panel surya tidak menghasilkan karbon dioksida yang menjadi penyebab utama efek rumah kaca. Energi matahari juga merupakan energi yang terbarukan. Jadi, tidak menggunakan sumber daya yang bisa habis seperti bahan bakar fosil. 

  1. Pemakaian Listrik Menjadi Lebih Hemat

Kelebihan selanjutnya dari memakai sistem PLTS atap rumah ini, tentu saja dapat menghemat pemakaian listrik secara drastis. Pada siang hari, rumah tidak perlu menggunakan aliran listrik dari PLN dan bisa memanfaatkan energi listrik sepenuhnya dari PLTS. 

Tentu saja, tagihan listrik akan semakin murah karena pemakaiannya semakin terbatas. Selain itu, listrik yang dihasilkan PLTS juga bisa disimpan dalam sistem baterai. Jadi, pada malam hari ketika tidak ada matahari, tetap bisa digunakan. 

  1. Awet dan Penggunaannya yang Lama

Sekali memasang sistem PLTS di atap rumah, maka sistem ini bisa bertahan lebih dari 20 tahun lamanya. Bahkan, PLTS bisa tetap digunakan bertahan sekalipun tidak dilakukan perawatan rutin. 

Panel surya yang digunakan bisa bertahan lebih lama lagi jika diterapkan perawatan yang rutin. Dalam rentang waktu penggunaan yang lama ini, para pengguna panel surya bisa menghemat banyak uang

  1. Monitoring Penggunaan Listrik Menjadi Lebih Mudah

Jika menggunakan listrik yang bersumber dari PLN, maka PLN akan menjadi pihak yang mengawasi dan memonitor penggunaan listrik. Berbeda jika menggunakan PLTS, karena listrik yang digunakan merupakan hasil produksi sendiri. 

Maka, para pemilik memiliki kuasa penuh dalam monitoring dan mengendalikan pengendalian listrik. Para pemilik pun menjadi lebih mudah untuk mengawasi penggunaan dan produksi listrik. 

  1. Proses Pemasangan Tidak Sulit

Banyak orang merasa ragu untuk menggunakan sistem pembangkit listrik ini di rumah. Salah satu, alasan terbesarnya adalah proses pemasangannya yang sangat sulit. Padahal, pemasangannya cukup mudah cepat. 

Biayanya juga tidak semahal yang dibayangkan. Para pemilik bisa melakukan berbagai penyesuaian agar budget lebih mencukupi untuk memasang panel surya. 

Ternyata ada banyak sekali kelebihan memasang PLTS atap rumah. Tidak ada salahnya untuk mulai beralih ke sumber listrik lebih bersih dengan memasang PLTS. Menjaga lingkungan sekaligus menghemat pengeluaran secara signifikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *