Skip to content

5 Tips Memilih Espresso Coffee Machine Terbaik

  • admin 
coffee machine

Espresso coffee machine yang Anda pilih akan menjadi faktor kunci dalam menciptakan kualitas kopi espresso yang konsisten di cafe Anda. Dalam dunia kopi, espresso menjadi dasar untuk banyak menu minuman seperti americano, latte, macchiato, cappuccino dan sebagainya.

Tersedia berbagai pilihan mesin espresso di industri kopi dengan harga dan merek yang berbeda-beda. Setiap merek memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan mesin espresso mana yang akan Anda beli.

5 Tips Memilih Espresso Coffee Machine 

Ada beberapa tips penting yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih kopi espresso untuk cafe Anda yakni: 

1. Pertimbangkan Anggaran

Pertimbangan anggaran adalah hal yang sangat penting. Saat memilih mesin espresso, Anda perlu menyesuaikan anggaran atau modal yang Anda miliki. Harganya yang lebih tinggi umumnya mencerminkan kualitas, daya tahan, dan keandalan mesin yang lebih baik.

Namun, penting untuk diingat bahwa mesin espresso yang sesuai dengan anggaran Anda juga dapat memenuhi kebutuhan bisnis kopi Anda. Anda dapat menemukan mesin espresso yang memberikan kualitas espresso yang memuaskan dengan harga yang lebih terjangkau.

2. Bahan Material Mesin

Yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah material tubuh mesin espresso. Pada umumnya, mesin yang terbuat dari bahan padat akan memberikan kekuatan fisik yang lebih baik bagi mesin espresso. Lebih baik memilih tubuh mesin espresso yang terbuat dari stainless steel daripada plastik. 

Namun, terdapat juga beberapa bagian atau fitur seperti pegangan portafilter yang tidak terbuat dari bahan padat. Meskipun begitu, keberadaan fitur-fitur tersebut tidak berarti mesin tersebut buruk. Perusahaan produsen espresso coffee machine pasti sudah mempertimbangkan penggunaan material yang sesuai dengan fungsinya.

3. Kapasitas Untuk Boiler

Terdapat dua jenis boiler yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan, yaitu double boiler dan heat exchanger. Double boiler memiliki dua boiler dalam satu mesin, masing-masing dengan fungsi yang berbeda. 

Satu boiler digunakan untuk menghasilkan uap yang akan dialirkan melalui steam wand, sedangkan boiler lainnya digunakan untuk proses ekstraksi. Kelebihannya, penggunaan boiler terpisah ini memungkinkan barista memiliki kendali penuh dalam menentukan suhu saat membuat espresso, sehingga ekstraksi menjadi lebih konsisten.

4. Daya Listrik & Sistem Pemanas

Sebelum Anda membeli mesin espresso, penting untuk mengetahui berapa besar daya listrik yang dibutuhkan untuk mengoperasikannya. Hal ini perlu dipertimbangkan dengan cermat, apakah daya listrik di kafe cukup untuk menjalankan mesin espresso tersebut. Selain itu, perhatikan juga sistem pemanas air pada boiler, apakah menggunakan daya listrik atau gas alam yang dapat dipasang pada mesin espresso.

5. Pelayanan Purna Jual

Saat membeli sebuah produk, kita pasti memperhatikan garansi dan layanan purna jual yang disediakan, begitu pula saat membeli espresso coffee machine . Pemilihan penjual atau distributor yang tepat sangat penting, karena di situlah kita dapat mengetahui masa garansi dan layanan purna jual ketika menghadapi kendala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *